Emma Poeradiredja, Tokoh Sumpah Pemuda Penyaksi Tiga Zaman

Emma Poeradiredja diantara keluarga besarnya di Bandung. P erempuan adalah darah dan nyawa sebuah peradaban bukanlah hal yang berlebihan. Adalah Emma Poeradiredja sosok wanoja asal Tanah Pasundan yang turut menjadi pelaku dan saksi berdirinya republik Indonesia dalam tiga babakan zaman ; revolusi, rezim Sukarno, hingga Suharto. Lahir dan besar dalam keluarga priyayi tidak serta merta menjadikannya sosok manja dan menerima segala keistimewaan kelas menengah feodal di zamannya. Sebagai salah editor Balai Pustaka dan Redaktur Kepala untuk bahasa Sunda pada Pustaka Rakyat, sang ayah Raden Kardata Poeradiredja dengan istri  Nyi Raden Siti Djariah  membesarkan Emma beserta saudaranya dalam lingkungan yang memprioritaskan pendidikan. Tak heran saudara Emma seperti Haley Koesna Poerairedja menyabet Community Leader dari The Ramon Magsaysay Award tahun 1962. Adil Poeradiredja saudara lainnya menjadi politikus dan Perdana Menteri Negara Pasundan pro-republiken. Sedari remaja Emma sudah akt

Tentang Media

 


Seperti kita ketahui bahwasanya media massa terbagai dalam dua kategori besar, yaitu, media massa cetak, media massa elektronik. Adapun media baru yang mendapat tempat di masyarakat Indonesia akhir-akhir ini yaitu internet sebagai new medium at the communication age.

Mulanya hanya catatan

Pada perkembangan awal, kegiatan reportase, tulis menulis atau aktifitas jurnalistik dikenal sebagai acta diurna, dalam pengertian harfiah berarti kegiatan untuk menuliskan dan mewartakan kegiatan senat yang berlangsung pada masa Julius Caesar, sekitar abad 15. Kini, berabad lampau setelahnya, jurnal harian yang ditulis seorang diurnarii atau wartawan tersebut telah mengalami perubahan signifikan sesuai perubahan zaman yang menyertainya.

Aktifitas jurnalistik tersebut dapat di lihat dalam beberapa aspek. Pertama, dari proses pengumpulan. Forum redaksi yang biasanya diselenggarakan, merupakan proses awal sebelum peliputan ke lapangan. Dalam forum tersebut, segenap awak redaksi, baik top management sampai lower management, berdiskusi mengenai issue aktual yang akan di sajikan dalam tiap edisi.

Lantas, setelah terjadi kesepakatan mengenai tema apa yang akan ‘dihidangkan’ pada khalayak para awak redaksi terjun ke lapangan menurut job description-nya masing-masing. Wartawan sebagai subjek utama dari kegiatan jurnalistik. Secara struktur, pengumpulan berita melalui proses koordinasi antara wartawan sebagai garda utama redaksi dengan staf redaksi yang berada di meja institusi yang ada di belakangnya.

Kalau diurutkan susunannya sebagai berikut : Pimpinan Redaksi - Redaktur Pelaksana - Koord. Liputan - Wartawan.

Dalam tataran media cetak, wartawan adalah subjek primer yang berhubungan langsung dengan sumber berita. Lalu, subjek struktural diatasnya bertanggungjawab secara redaksional dan secara institusi apabila ada berita yang dianggap mencemarkan atau membuat itikad yang kurang baik di benak pembaca. Redaksi harus menyediakan hak jawab dan hak koreksi apabila ternyata telah melakukan kekeliruan.

Proses penyajian pada media cetak pada umumnya menggunakan tampilan grafis yang tergolong simple atau sederhana, terlebih media-media formal yang ada. Coba Anda bandingkan media nasional seperti Koran Kompas, Koran Tempo, Pikiran Rakyat dll. Terlihat sederhana bukan? Tipografi yang dikedepankan adalah kesederhanaan.

Hal ini ditujukan dalam pembentukan karakteristik bahasa visual, mulai dari penempatan huruf yang terlihat simple, elegan, serta eye catchy, kolom dan tekstur yang tertata supaya terlihat lebih familiar dan mudah terbaca oleh kebanyakan orang. Copywriting, atau mengenai aspek tulisan dan karakter gaya yang ditawarkan kepada khalayak tergantung kepada ideologi dan latar belakang media itu sendiri. Ada yang tersurat baku layaknya pelaporan resmi, ada yang bercerita dengan tuturan manusiawi sederhana sehingga mudah diserap, ada juga yang ngejelimet, penuh kontemplasi dan bikin otak mengkerut.

And then electricized

Seperti halnya media cetak, pola-pola dasar jurnalistik dalam mencari, mengolah suatu fakta menjadi berita tidak jauh berbeda. Hanya, proses penyajianlah yang mendapat proporsi berbeda.

Cyber medium and the age of journalism

Sebagai salah satu perwujudan revolusi ketiga setelah revolusi industri dan pertanian, revolusi informasi merupakan kelanjutan dinamika kehidupan manusia dari penggunaan otot serta mesin menjadi optimalisasi otak serta ide-ide kreatif. Dan akhirnya hadirlah suatu bentuk media penyampai informasi berupa internet setelah beragam inovasi dilakukan dalam menyampaikan suatu message kepada publik. Akhirnya, masyarakat pun mendapat wahana baru dalam memperoleh pengetahuan.

Cyber media adalah medium komunikasi massa melalui media world wide web dalam sebuah ruang dan waktu yang bernama dunia maya. Hal ini merupakan paradigma baru dalam perkembangan media massa yang mampu mentransformasikan metode interaksi informasi pada perkembangan masa sekarang dan akan datang.

Cyber media memiliki sifat utama yaitu, tak kenal batas (borderless), tak kenal waktu (timeless), seketika (real time), serta kecepatan waktu (high speed). Hal tersebut merupakan salah satu keuntungan media cyber dibanding dengan media konvensional lainnya seperti media-media cetak.

Pada umumnya, proses pencarian berita atau sistem kerja media cyber tidak jauh berbeda dengan media konvensional seperti koran, majalah dan sejenisnya yang merupakan sarana penyalurkan konstruksi pesan dari komunikastor kepada komunikan. Ada proses kerja seperti peliputan oleh wartawan ke lapangan dengan koodinasi melalui koodinator liputan, lalu masuk ke meja redaksi menghadap redaktur pelaksana yang berada dalam struktur lapis kedua dalam bidang redaksi.

Selanjutnya, proses kebijakan laik-tidaknya suatu karya jurnalistik dalam media on-line diputuskan dalam suatu forum redaksi beserta kebijakan yang berada dalam tanggungjawab pimpinan redaksi. Lalu, bangunan fakta merujuk seluruh kepada sistem pesan-pesan yang dipilih, diproduksi, diolah, dan akhirnya di siarkan oleh source melalui media serba-cepat ini hingga mampu diterima serta ditanggapi oleh sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen serta anonim dengan kedipan mata.Namun, dalam media on-line seperti ini proses pencarian, pengolahan, dan penyajian berita berlangsung cepat sekali.

Mengenai Pola komunikasi

Pesan yang sama dapat diterima secara serentak, sesaat, dan cepat. Pada umumnya, media cyber memiliki karakteristik komunikasi yang beragam, bisa satu arah (one way communication) maupun dua arah (two way communication). Tetapi biasanya tergantung dari kebijakan owner web tersebut. Karena sasarannya pun bersifat global. Biasanya, komunikasi yang terjadi dalam sebuah situs bisa bersifat dua arah dimana komunikator (owner) dan komunikan (pengakses internet) bisa saling berinteraksi secara langsung tanpa perlu birokrasi dan biaya yang berlebih. Si komunikan dapat menanggapi informasi yang ada dan tampil pada halaman situs tersebut secara langsung, melalui halaman pembaca atau kolom opini yang tersedia.

Lahan

Media cyber akhir-akhir ini merupakan suatu lahan industri bagi dunia jurnalistik. Didalamnya dapat tercipta informasi, suplemen, konsultasi, info publik, iklan, dan tentunya lapangan kerja baru dibidang jasa informasi. Perkembangan menunjukkan, bahwa dari waktu ke waktu pengguna internet terus bertambah. Coba tengok data global centre perusahaan jasa keamanan internet yang menangani server situs menunjukan bahwa sampai Februari 2000 saja tercatat pengunjung situs 8 juta orang per harinya. Lima tahun dari tahun tersebut, angka pengguna melonjak signifikan, pasti!

Kemasan

Dalam cyber, deadline suatu produk jurnalistik berupa ‘berita’ merupakan tampilan paling depan, dan menu serta sub-menu informasi yang dibutuhkan khalayak di letakkan sebelah pinggir berita utama. Seperti Home page berita hari ini dengan berita terkininya, arsip informasi lainnya pun tak kalah penting. Menu-menu informasi disajikan secara teratur dan tersusun sistematis tinggal di klik.

Tampilan halaman cyber berbeda dengan media konvensional. Dalam tampilan halaman media konvensional, audience harus bersusah payah membolak-balik halaman untuk memperoleh informasi yang diinginkannya, sedangkan, pada tampilan halaman cyber kita praktis tinggal mengkliknya saja. Dan waktu akan lebih efisien dengan adanya fasilitas search engine, dimana kita tinggal mengetik tema berita yang diinginkan, lalu, setelah ditemukan kita tinggal memilih tema-tema yang telah tersaring. Cyber juga memilki kemasan grafik yang lebih menarik bahkan dinamis ketimbang pada media konvensional. Hal tersebut dapat dilihat pada aspek pengorganisasian unsur-unsur seperti titik, garis, rupa, tekstur, warna, dan nada ke dalam suatu struktur dan bentuk yang menyatu, teratur, serta bermakna lebih ketimbang pada tampilan media konvensional. Tampilan dan perwajahan cyber media memberikan nilai plus yang lebih menarik bagi first impression audience.

Berbicara mengenai nilai lebih : Periklanan via media konvensional.

Media konvensional meletakkan perwajahan sebagai hal yang utama selain bobot isi yang ditampilkan, sehingga rata-rata bentuk lay out pada media konvensional ini cukup bagus, baik, serta kreatif. Sedangkan salah satu segi kelemahan dari media ini, pertama, wujud fisik cepat usang dibandingkan dengan bentuk media kontemporer seperti cyber. Sehingga keberlangsungan karya jurnalistik akan sangat minm. Lalu, apabila kita akan mencari suatu topik atau iklan tertentu harus dicari secara teliti dan teratur, hal ini berpengaruh pada individu yang mempunyai mobilitas yang tinggi.

Informasi yang disajikan dalam media cetak adalah berita yang telah terjadi dan sampai kepada para audience yang sudah naik cetak pada masa produksi, sehingga apabila ada berita yang lebih aktual serta krusial setelah masa produksi berlalu maka peristiwa tersebut tidak akan termuat. Lain halnya dengan situs, berita termuat dalam halaman web dapat di perbaharui dengan seketika. Lantas, berita pun akan terpublikasikan ke seluruh dunia dengan secepat-cepatnya (sesuai dengan salah satu esensi jurnalistik). Kelemahan lainnya, yaitu, media (cyber) ini bisa di salahgunakan oleh siapa saja dan dapat dikacaukan untuk maksud tertentu karena tidak ada limitasi bagi penguna yang dapat mengakses hal tersebut, sehingga sangat berbahaya bagi perkembangan psikologis pengguna jasa cyber yang berada di bawah umur apabila tidak mendapat dampingan serta proteksi orang yang lebih dewasa.

Komentar