Emma Poeradiredja, Tokoh Sumpah Pemuda Penyaksi Tiga Zaman

Emma Poeradiredja diantara keluarga besarnya di Bandung. P erempuan adalah darah dan nyawa sebuah peradaban bukanlah hal yang berlebihan. Adalah Emma Poeradiredja sosok wanoja asal Tanah Pasundan yang turut menjadi pelaku dan saksi berdirinya republik Indonesia dalam tiga babakan zaman ; revolusi, rezim Sukarno, hingga Suharto. Lahir dan besar dalam keluarga priyayi tidak serta merta menjadikannya sosok manja dan menerima segala keistimewaan kelas menengah feodal di zamannya. Sebagai salah editor Balai Pustaka dan Redaktur Kepala untuk bahasa Sunda pada Pustaka Rakyat, sang ayah Raden Kardata Poeradiredja dengan istri  Nyi Raden Siti Djariah  membesarkan Emma beserta saudaranya dalam lingkungan yang memprioritaskan pendidikan. Tak heran saudara Emma seperti Haley Koesna Poerairedja menyabet Community Leader dari The Ramon Magsaysay Award tahun 1962. Adil Poeradiredja saudara lainnya menjadi politikus dan Perdana Menteri Negara Pasundan pro-republiken. Sedari remaja Emma sudah akt

Personalitas Spongebobs


Bagi sebagian besar orang dewasa sebuah permainan dalam simulasi virtual layar komputer personal adalah menu wajib yang tidak hanya sekedar menjadi domain kekuasaan sang keponakan saja. Utamanya, bagi pekerja kerah-biru yang senantiasa beraktifitas dalam ruangan. Permainan favorit biasanya dipilih sebagai media relaksasi disela menghadapi kesibukan jam kantor sembilan-ke-lima. Sembari membaca surat elektronik dari klien, Spongebobs Squarepants games, semisalnya, bisa menjadi menu alternatif pelengkap jam kantor tersebut lebih berenergi dan menyenangkan.

Apakah Anda masih bertanya dan belum familiar dengan apa itu Spongebobs Squarepants games? Oh, well, nampaknya kesibukan jam kantor kerja dari sembilan-ke-lima tersebut memang selalu mengharuskan Anda melewati jam tayang salah satu tokoh fiksional terpopular dimata keponakan seantero nusantara ketika akan berangkat menuju sekolah pagi. Yah, Spongebobs Squarepants games adalah permainan simulasi siber yang biasanya berbasis aplikasi flash shockwave dari penyelia perangkat lunak Adobe yang tersedia secara bebas unduh dalam jagat maya. Tokoh tersebut berbentuk kotak busa nan mengemaskan yang diambil dari figur sentral film kartun terkenal Spongebobs Squarepants yang selalu tayang pada pagi hari dalam sebuah kanal televisi nasional Indonesia. Teman sarapan pagi yang mengelitik, memang.

Penasaran, bukan? Sebelum kita membahas bagaimana tips juga trik dalam Spongebobs Squarepants games alangkah baiknya kita jabarkan siapa saja geng si berat yang selalu menemani lakon Spongebobs Squarepants games tersebut. Tak kenal maka tak sayang, ini pepatah bijak bilang.  Dalam sebuah lakon, tokoh utama yang dipersonifikasikan sebagai sebuah spons mandi berbentuk kotak kuning tersebut selalu ditemani figur utama lainnya. Kita kategorisasikan geng si berat ini menjadi : Karakter utama, tokoh yang kadang muncul, juga yang jarang muncul.

Spongebobs Squarepants si busa kotak kuning tersebut adalah personifikasi pribadi yang baik, sangat mudah beradaptasi dan berteman, juga optimis yang tinggal dalam sebuah rumah berbentuk nanas di sebuah laut. Tidak hanya dalam realita, kehidupan fiksional Spongebobs dan rekannya pun tergolong unik dan mengemaskan sesuai dengan karakternya masing-masing. Alkisah, dengan bertempat tinggal di jalan Conch nomor 124, wilayah Bikini Bottom, Spongebobs yang juga tokoh utama dalam Spongebobs Squarepants games ini memelihara seekor siput bernama Gary. Sifat kartun ini memang mirip dengan realita ketika tetangga kita gemar memelihara hewan kesayangan semisal pitbul sebagai teman setia. Begitu pun dalam kehidupan virtual antara Spongebobs dengan geng siberatnya atau si Gary siput tadi.

Uniknya juga lika-liku keseharian Spongebobs mirip layaknya kehidupan seorang pelajar dan pekerja dalam kehidupan nyata. Selepas bangun tidur, dia selalu bergegas, entah dengan berbenah dengan keadaan dirumahnya, berkhayal, maupun berinteraksi dengan Gary si siput yang bersuara mirip kucing dan enggan mandi kecuali dipakasa karena telah berbuat onar. Pun layaknya seorang pekerja kerah biru sebuah perkantoran atau departemen store yang bergegas dari sembian-ke-lima setiap pagi, Spongebobs Squarepants pun memiliki jam kerja pada sebuah resto-makan bernama Krusty Krab yang dimiliki Eugene H. Krabs atau yang akrab dipanggil Mr. Krabs, seekor bos kepiting tamak, pelit, juga kikir dan pemilik langsung Krusty Krab. Personifikasi majikan yang mempunyai putri bernama Pearl, dan ibu yang sudah tua dan hanya terobsesi dengan peruntungan material hingga  tak pernah rela satu sen pun jatuh dari laba untung kantongnya kepada karyawan setia seperti kepada tokoh Spongebobs Squarepants  games ini meski dia telah menjadi ‘karyawan bulan ini’ sebanyak 374 kali.

Selain Ia juga suka berburu ubur ubur dan setiap hari menyajikan menu andalan Krabby Patty, sebuah burger terlezat bagi pelanggan resto Mr. Krabs, tokoh Spongebobs Squarepants games ini juga bersekolah di Mrs. Puff Boating School, sekolah mengemudi milik Mrs. Puff tempat dimana ia selalu kandas ketika tes mengemudi.

Nah, ada juga tokoh lucu dalam keseharian Spongebobs Squarepants games ini, dia adalah Patrick Star yang dianggap hewan paling bodoh sejagat negara laut Bikini Bottom. Si bintang laut merah muda yang merupakan sahabat spongebobs ini seringkali melakukan hal konyol dan bodoh, sering miskomunikasi ketika sedang bercakap dengan lawan bicaranya, hal ini mengingatkan kita pada karakterisasi tokoh Bolot, pelawak legendaris Indonesia yang kerapkali tidak pernah singkron ketika sedang berbincang dalam sebuah lakon cerita.

Kegiatan rutin Patrick setiap pagi adalah menyapa tokoh utama Spongebobs Squarepants games ini ketika akan berangkat kerja di resto Mr. Krab dan akan senantiasa menunggunya de depan pintu rumah sampai ia kembali dari resto Krabby Patty tersebut sekedar untuk bermain berdua atau menganggu tetangganya hingga kesal yang berprofesi sebagai kasir restoran tempat dimana Spongebobs bekerja.

Diantara rumah dibawah batu Patrick dan Istana Nanas Spongebob ada juga tetangga bernama Squidward Tentacles. Seorang pemalas tua yang merasa diri sebagai seniman handal, suka bermain klarinet walau birama yang dimainkannya terbilang buruk dan mempunyai rival dunia-akhirat semenjak Sekolah Menengah Atas bernama Squilliam Fancyson. Tak seperti tokoh utama Spongebobs Squarepants games yang teladan walau seringkali dihaniaya Mr. Krab, Squidward adalah bencana bagi perusahaan makanan dan minuman semacam Krabby Patty karena selalu membuat repot suasana kerja hingga tidak kondusif.

Haha. Ada juga penghuni Bikini Bottom yang memaksakan diri hijrah dari daratan antah berantah di Texas dan tinggal di dalam laut menemani cerita geng Spongebobs. Sandy Cheeks, sandy si Tupai, penyuka karate ini dengan sedikit memaksakan diri ia selalu memakai baju astronot yang berfungsi sebagai helm persediaan oksigen demi hijrah psikis dan fisik di Bikini Bottom. Rumah tinggalnya pun harus menyesuaikan keadaan bawah laut. Ia rela membangun kubah akuarium kedap air yang penuh oksigen. Rumahnya sangat mencolok dengan pohon besar.

Begitu pun ketika tetangga bawah laut Spongebobs dan geng si beratnya berkunjung ke rumah Sandy si ilmuwan di Treedome Corporation dengan bosnya yang monyet. Mereka harus adaptasi kembali karena dalam ruangan rumah si tupai tersebut tidak mencokol persediaan air sebagai oksigen seperti layaknya tempat tinggal dan lingkungan mereka biasanya. Hihi, dalam kunjungan, Patrick dan Spongebobs harus memakai mangkuk berisi air yang dipakai terbalik menutupi kepala mereka, mirip helm astronot namun dengan oksigen air didalamnya sebagai penopang pernafasan.

Adapun tokoh Spongebobs Squarepants games lainnya adalah Sheldon J. Plankton, atau Plankton, seorang entrepreneur rumah makan bernama Chum Bucket yang selalu merugi dan sepi pengunjung. Hingga, dalam kisahnya ia dengan licik berusaha mencuri resep andalan restoran Mr. Krab. Namun ia tidak pernah berhasil dan frustasi hingga gulung tikar beralih membangun toko souvenir dan memperistri wujud komputer yang dinamai Karen.

Hehe. Karakterisasi dalam tokoh Spongebobs Squarepants games dan filam kartun ini tergolong unik, namun jikalau kita telisik lebih dalam secara falsafati ternyata plot ini tidak berbeda jauh dengan realitas yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Singkatnya, visualisasi film kartun dan tokoh Spongebobs Squarepants games ini merupakan parodi dari realitas manusia sesungguhnya.

Nah, dari tokoh diatas ada juga peran dan tokoh pelengkap negara Bikini Bottom. Tokoh-tokoh yang kadang muncul dalam film kartun ataupun Spongebobs Squarepants games : Mrs. Poppy Puff, Pearl Krabs, Larry Lobster, Mermaid Man, Barnacleboy, Flying Dutchman, Karen Plankton, Patchy the Pirate, Potty the Parrot, Harold SquarePants, King Neptune, Mama Krab, dan seorang Narator Prancis yang selalu muncul pas awal permulaan cerita.

Adapun tokoh-tokoh yang jarang muncul : Bubble Bass, Herb, Flatz, Grandma & Grandpa SquarePants,  Sherm Squarepants, Uncle Kevin Lawn, Stanley S. Squarepants, Blackjack Squarepants, Man Ray & The Dirty Bubble, The Moth, Tattletale Strangler, The Chief, Master Udon, Mystery the Sea Horse, Old Man Jenkins, Painty the Pirate, Hupla Fish, Leif Erickson, Jim, Nyonya Gristlepuss, Tuan What Zit Tooya, SpongeBuck, Dead Eye Plankton, Hopalong Squidward Tentacles, Torpedo Belly (Perut Torpedo), Ned and the Needle Fish, The Birdband, Spongetron, SpongeTron klon [SpongeTron X, SpongeTron Y, SpongeTron Z] Pat-Tron, Kevin the Sea Cucumber, Snellie Siput Squidward , dan Rocky.

Selanjutnya mari kita tilik Spongebobs Squarepants games dalam aplikasi permainan sesungguhnya. Untuk melunasi rasa penasaran Anda karakterisasi Kak Spongebobs dan kekawannya, Anda dapat mencari dan mengunduh dalam jejaring akan permainan berdasarkan film kartun ini. Walhasil akan ada puluhan permainan sesuai dengan karakter dan tingkat kesulitannya masing-masing. Tapi dari sebagian besar Spogebobs Squarepants games ini kita akan menemukan kegembiraan dengan murah meriah tanpa harus menemui psikolog untuk merontokkan rutinitas jenuh yang mengunung Anda, lebih dari itu, Spongebobs squarepants games menuntut stimuli kita lebih cerdik dan gesit.

Beberapa Spongebobs Squarepants games yang popular diantaranya :

1.              Buble Bustin : Ini adalah misi dimana Spongebobs berusaha mendapatkan kembal mahkota Raja Neptune dengan cara meretas balon hingga ia bisa bergegas. Jikalau balon tidak dapat dihancurkan maka penjahat akan menangkap Spongebob dan Patrick.

2.              Plankton Revenge Pinball : Adalah salah satu Spongbobs Squarepants games yang terfavorit dan diminati banyak orang karena permainan pinball beraplikasi flash ini bertemakan suasana seperti Spongebob dan Bikini Bottom.

3.              Bikini Bottom Bust Up : Anda tentu penasaran bagaimana Spongebob bisa menjadi seorang karateka, bukan? Nah, disini saatnya Spongebob menjajal sahabatnya menjadi rival dalam adu karate. Spongebobs Squarepants games ini mirip dengan permainan Anchovt Assault yang berdasar pada karakterisasi kartun penghuni Bikini Bottom.

4.              Atlantis Squarepants Bus Rush :  Adapun Spongebobs Squarepants ini adalah bertema balapan dengan tengat waktu berdasarkan lagu yang mengalun sebagai bensin mobil yang dijadikan media balapan Spongebobs.

5.              Boo or Boom : Adalah Spongebobs Squarepants games yang bertema tentang strategi penyusunan puzzle menjadi linear sehingga berbaris.

6.              Spongebobs Snowpants :  Adalah Spongebobs Squarepants games untuk membuat gulungan bola salju terbesar. Sangat mudah dimainkan.

Nah, enam contoh diatas hanya sedikit dari puluhan bahkan ratusan aplikasi flash Spongebobs Squarepants games yang tersedia dalam jejagat virtual yang dapat diakses secara leluasa juga gratis dan menyenangkan. Tak ada tips dan trik khusus untuk menyelami Spongebobs Squarepants games ini karena aplikasinya sangat mudah juga user friendly bagi semua kalangan tidak seperti games Winning Eleven yang penuh strategi dan pemahaman serius. Nah, Enjoy and smile, dong, kak! Selamat datang di Bikini Bottom.

Komentar