Emma Poeradiredja, Tokoh Sumpah Pemuda Penyaksi Tiga Zaman

Emma Poeradiredja diantara keluarga besarnya di Bandung. P erempuan adalah darah dan nyawa sebuah peradaban bukanlah hal yang berlebihan. Adalah Emma Poeradiredja sosok wanoja asal Tanah Pasundan yang turut menjadi pelaku dan saksi berdirinya republik Indonesia dalam tiga babakan zaman ; revolusi, rezim Sukarno, hingga Suharto. Lahir dan besar dalam keluarga priyayi tidak serta merta menjadikannya sosok manja dan menerima segala keistimewaan kelas menengah feodal di zamannya. Sebagai salah editor Balai Pustaka dan Redaktur Kepala untuk bahasa Sunda pada Pustaka Rakyat, sang ayah Raden Kardata Poeradiredja dengan istri  Nyi Raden Siti Djariah  membesarkan Emma beserta saudaranya dalam lingkungan yang memprioritaskan pendidikan. Tak heran saudara Emma seperti Haley Koesna Poerairedja menyabet Community Leader dari The Ramon Magsaysay Award tahun 1962. Adil Poeradiredja saudara lainnya menjadi politikus dan Perdana Menteri Negara Pasundan pro-republiken. Sedari remaja Emma sudah akt

Mutakhirkan Antivirus Guna Kenyamanan-aman Berselancar Mayapada

Pada waktu tertentu ketika sedang melakukan aktifitas di depan layar monitor kita mungkin pernah menemukan hal-hal seperti file not found, bad sector, the file you requested try to open is corrupt, atau please update your recent antivirus, mohon mutakhirkan antivirus terbaru Anda. Bagi yang pertama kali atau newbie dalam istilah slang yang merujuk pada terma pemula bagi seseorang yang sedang berada pada tahap adaptasi terhadap hal yang sifatnya baru hal ini bisa mengagetkan, jengkel, dan membuat resah.

“Aduh ini apa sih, kok tampilan komputer jadi begini, eh, malahan tugas yang barusan diketik kok hilang yah.” Nah loh, Anda pasti makin bingung dengan ekspresi kalimat seperti ini. Wajar saja jikalau tampilan komputer mendadak biru dan file tugas sekolah atau kantor Anda mendadak hilang. Tapi jangan khawatir, pada umumnya ini adalah gejala ketika komputer kesayangan Anda sedang terjangkit virus. Berdoa saja semoga sudah ada antivirus terbaru dalam perangkat keras komputer Anda yang sudah memproteksi biar virus tersebut tidak merusak sistem kerja dan melahap file tugas kesayangan tersebut.

Virus dalam komputer bukanlah mahluk mikrobakteri yang superkecil yang sering kita bayangkan dalam berita media tentang kesehatan selama ini. Namun secara harfiah dan falsafati cara kerja virus dalam sebuah terma apapun adalah sama yaitu merusak. Dalam konteks teknologi, terutama dunia komputer, virus sering diasosiasikan dengan sebuah produk aplikasi yang mampu menyusup kekurangan dalam sebuah sistem keamanan perangkat lunak dan biasanya dalam perangkat keras atau hard drive komputer atau laptop tersebut belum terpasang antivirus terbaru.

Ciri-ciri dari aplikasi virus ini biasanya berakhiran atau berekstensi dot exe (*exe) dengan ukuran file yang sangat kecil. Ciri lain dari virus perusak ini biasanya bermutasi atau menyamar jadi bentuk aplikasi yang popular digunakan, menyerupa bentuk fle Microsoft word atau bermutasi aplikasi keygen sehingga secara tidak sadar ketika Anda mulai memasukan serial dari keygen tersebut virus yang termuat di dalamnya akan terekstraksi otomatis dan menyebar dalam hitungan detik ke sistem vital komputer Anda.

Akibatnya, ada yang langsung kentara, seperti, komputer setiap saat melakukan restart ulang tanpa dikomandoi. Ada pula yang menyebabkan harddisk komputer Anda mendadak penuh, atau file menghilang karena perintah hidden files dikendalikan sang virus tersebut. Yang paling ganas tentu saja selain bisa merubah file yang ada dalam komputer tersebut rusak, virus ini dapat menyebabkan kerusakan fungsional permanen mulai dari sistem operasi kerja dan perangkat keras tidak dapat digunakan.

Meski demikian, dengan ukuran super kecil tersebut para pengguna komputer jangan menganggap sepele hal seperti ini atau bentuk-bentuk keresahan dalam kalimat diatas akan Anda alami sendiri. Sesegera mungkin cobalah untuk menginstalasikan antivirus terbaru dalam perangkat komputer kesayangan Anda. Dan mumpung belum terlambat, bagi Anda pengguna aktif perangkat keras elektronik seperti komputer yang terintegrasi ke dalam jejaring online Anda disarankan untuk setiap saat memutahirkan antivirus terbaru yang telah diinstalasikan dengan database file pengindentifikasi jenis varian virus yang bermutasi semakin canggih.

Pada modus kejahatan dalam jejaring internet populer, file virus yang telah menyusupi komputer korban bahkan digunakan untuk menyalin identitas pemiliknya secara illegal dan tanpa disadari sama si pemilik sama sekali. Dan tentunya data-data tersebut biasanya disalahgunakan oleh para peretas hitam dalam jagat dunia maya untuk kepentingan pribadi. Virus-virus yang digunaka si peretas dalam jagat maya tersebut biasanya adalah virus penyadap informasi, scamming atau phishing.

Korban dari modus kejahatan elektronik kontemporer tersebut biasanya adalah konsumer belanja dalam jejaring. Bagi Anda yang terbiasa melakukan transaksi jual-beli dalam jejaring seperti eBay, Amazon, atau lama ekonomis lainnya maka sangat disarankan untuk memutakhirkan antivirus terbaru sebagai upaya mencegah penyusupan-penyusupan aplikasi virus dengan moda canggih.

Bahkan untuk memaksimalkan proteksi terhadap data dan komputer pribadi Anda sangat disarankan untuk menggunakan antivirus level premium dan professional. Selain mengamankan file kerja dalam komputer, antivirus terbaru varian ini berfungsi sebagai penjaga pintu masuk bagi beragam file yang  terkirim ke surat elektronik kita, tidak hanya itu jasa varian antivirus terbaru ini bahkan sampai melindungi data aktifitas berselancar kita yang terekam dalam file temporer perangkat keras komputer.

Privasi dan keamanan dalam melakukan transaksi dalam jejaring adalah hal krusial yang tidak boleh dilewatkan. Karena moda virus aplikasi spyware, trojans, worms, phishing, scamming dan malware lainnya telah menjadi alat guna melancarkan aksi peretas hitam, dan biasanya dikirim melalui surat elektronik dengan file yang telah disusupi aplikasi tertentu terlebih dahulu. Sehingga jikalau Anda lengah memeriksa dan memindai file yang terkirim ke laman surat elektronik pribadi Anda maka kiat yang paling singkat adalah Anda dapat menganti seluruh identitas tersebut sesegera mungkin.

Apabila telah masuk dan menyusupi akun bank maya seperti PayPal Anda maka sesegera mungkinlah untuk mengontak pelayanan jasa mereka dan minta untuk membekukan akun Anda untuk sementara sebagai usaha preventif. Begitu juga dengan akun laman transaksi dalam jejaring personal Anda yang harus dibekukan untuk sementara waktu. Sebagai moda keamanan paling dini. Dan apabila ada transaksi mencurigakan diluar kebiasaan Anda mengunakan fasilitas kartu kredit atau anjungan tunai mandiri mintalah kepada pelayanan jasa bank tempat alokasi dana Anda berada untuk otomatisasi menghubungi seketika ada transaksi ganjil tersebut.

Maka dari itu kenyamanan dan keselamatan dalam berselancar menggunakan perangkat keras seperti komputer pribadi kesayangan anda juga harus diperhatikan. Apabila Anda akan memasukan atau menginstalasikan system kerja antivirus terbaru ke dalam komputer kesayangan Anda, maka ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk memilih antivirus terbaru tepat guna. Pertama, ruang lingkup perlindungan. Pada kebanyakan antivirus terbaru yang berkualitas adalah mereka yang menyediakan keamanan secara 360 derajat bentuk pertahanan, dimana bentuk pertahanan moda lama seperti perlindungan dari virus, worms, Trojan, dan perangkat mata-mata tetap ada, moda masa kini juga harus dilengkap dengan pertahanan dari penyusup keyloggers, phishing scams atau biasanya email dan laman pengelabu, sampai ke pertahanan email dan rootkits termutahir. Pengamanan moda dan lama akan sangat memmbantu membentengi keamanan komputer pribadi Anda. Dan antivirus terbaru sekalipun harus menyediakan jangkauan jasa yang diberikannya seluas mungkin.

Kedua, adalah efektifitas. Antivrus terbaru secara spesifik dibentuk dan dibuat untuk melindungi komputer personal Anda, jadi jika ada jasa dari antivirus terbaru sekalipun yang tidak dapat menyediakan bentuk keamanan antarmuka buat apa menjadi pilihan. Para konsumer antivirus terbaru dapat mengamati jenis yang terbaik dari antivirus terbaru dari industry standar keamanan perangkat lunak terpopuler atau organisasi professional jasa keamanan perangkat lunak. Biasanya sebelum dikeluarkan secara massal mereka akan mengeluarkan versi beta atau versi awal yang secara gratis dapat diunduh pada laman resmi organisasi penyelia bentuk keamanan perangkat lunak tersebut untuk dilakukan kaji-ulang apakah masih ada leak atau kebocoran dalam sistem keamanan yang akan diluncurkan pada produk antivirus terbaru tersebut.

Keempat adalah kemudahan untuk instalasi dan setting. Tidak dipungkiri dalam menggunakan aplikasi antivirus terbaru yang pertama diperhatikan adalah bentuk kemudahan dalam memasukan perangkat lunak ke dalam intergrasi operating system. Kemudahan ini yang basanya menjadi ukuran bentuk kenyamanan bagi pelanggan antivirus terbaru. Selain itu indikatornya adalah kemudahan dalam mengoperasikan dan menjalankan moda antivirus terbaru tersebut. Pelanggan jasa keamanan biasanya akan sangat adaptif apabila dapat menjalankan operasional antivirus tersebut dengan leluasa dan cepat guna.

Kelima, adalah bentuk perangkat lunak antivirus terbaru yang menyediakan beragam fitur keamanan mulai dari pencegahan sampai penanganan file yang terindikasi sebagai ancaman bagi kelangsungan kenyamanan menggunakan sistem komputerisasi dalam beraktifitas. Atau, akselerasi yang diberikan ketika jasa antivirus terbaru tersebut dikonsumsi oleh pelanggan, bisakah mempercepat proses berpikir komputer atau sebaliknya malah memberatkan sistem kerja prosesor. Bentuk kepraktisan dinilasi salam hal ini.

Keenam, updates atau fitur untuk pemutahiran data keamanan. Apabila antivirus terbaru sekalipun tidak dapat memberikan fitur satu  ini kepada pelanggan maka dapat dipastikan tingkat pengguna tidak akan sebanyak penyelia keamanan perangkat lunak lainnya. Justru inilah salah satu fitur yang paling penting dalam sebuah produk antivirus terbaru karena semakin hari virus semakin canggih bermutasi. Antivirus terbaru yang baik biasanya dilengkapi dengan daftar pemutakhiran definisi database virus terbaru secara otomatis.

Dan terakhir yang tidak boleh dilupakan dari sebuah perangkat antivirus terbaru adalah bentuk pertolongan dan dukungan manual untuk menggunakan jasa pelayanan tersebut. Hal ini diperlukan untuk menjawab beragam pertanyaan permasalahan penggunaaan dan pertolongan tambahan. Bentuk dukungan lainnya dari antivirus terbaru yang baik adalah bentuk asistensi lewat email, telepon, bincang-langsung melalui sejumlah sumber tambahan lainnya.

Komentar