Emma Poeradiredja, Tokoh Sumpah Pemuda Penyaksi Tiga Zaman

Emma Poeradiredja diantara keluarga besarnya di Bandung. P erempuan adalah darah dan nyawa sebuah peradaban bukanlah hal yang berlebihan. Adalah Emma Poeradiredja sosok wanoja asal Tanah Pasundan yang turut menjadi pelaku dan saksi berdirinya republik Indonesia dalam tiga babakan zaman ; revolusi, rezim Sukarno, hingga Suharto. Lahir dan besar dalam keluarga priyayi tidak serta merta menjadikannya sosok manja dan menerima segala keistimewaan kelas menengah feodal di zamannya. Sebagai salah editor Balai Pustaka dan Redaktur Kepala untuk bahasa Sunda pada Pustaka Rakyat, sang ayah Raden Kardata Poeradiredja dengan istri  Nyi Raden Siti Djariah  membesarkan Emma beserta saudaranya dalam lingkungan yang memprioritaskan pendidikan. Tak heran saudara Emma seperti Haley Koesna Poerairedja menyabet Community Leader dari The Ramon Magsaysay Award tahun 1962. Adil Poeradiredja saudara lainnya menjadi politikus dan Perdana Menteri Negara Pasundan pro-republiken. Sedari remaja Emma sudah akt

Mari Mengunduh dan Belajar!

Pertumbuhan media di Indonesia sebelum era download video popular, terlebih paska era reformasi berkembang sangat pesat. Jikalau dulu masyarakat luas seantero nusantara hanya dapat mengakses berita termutakhir via TVRI, RRI, dan media dengan afiliasi kepada pemerintah semata. Kini keadaan berubah drastis. Tengok perkembangan televisi nasional yang mengudara semenjak RCTI, SCTV, Indosiar, dan kanal lainnya yang dimiliki swasta. Media elektronik tersebut telah menjelma basis pengetahuan bagi masyarakat luas.

Media cetak pun mengalami nasib yang sama. Beragam stake holder pemilik media swasta mengembangkan intensifikasi usahanya di lini media yang serumpun dengan mendirikan surat kabar. Contoh, PT. MNC dengan Rcti dan Seputar Indonesia sebagai forma surat kabar yang diambil dari tayangan popular unggulannya. Kompas sebagai media jurnalistik dengan kualitas penulisan yang terjaga kini pun mempunyai televisi sistem berjejaring dengan televisi lokal di setiap daerah yang kini marak sebagai bentuk otonomi dalam bentuk kebebasan berekspresi di ranah lokal.

Masing-masing memberikan rona tersendiri sehingga memperkaya khasanah perkembangan media yang ada di Indonesia. Bali TV, misalnya, memberikan nuansa budaya bali yang selama ini hanya kita kenal lewat media arus utama nasional. Dengan pengelolaan konten beserta pengembangan lewat sumber daya asli lokal sajian dari berbagai daerah menjadi unik dan kaya serta lebih terasa. Dari Bali TV masyarakat bisa belajar bahasa dan budaya setempat secara langsung. Begitu pun dengan kehadiran seperti Bandung TV, keragaman dan kemajemukan kontennya bisa tepat sajian dan dirasakan langsung oleh masyarakat penjuru tanah air.

Interaksi beragam konten media lokal asli saling melengkapi satu sama lain. Saling mengisi dan memperkaya. Ini salah satu kiat untuk menyiasati liputan-liputan yang selama ini luput atau terlewat oleh media pusat yang hanya menjadi dominansi dan perkembangan linear saja. Bayangkan apabila cakupan informasi yang mengudara hanya seputar perkisruhan politisasi elit politik nasional sementara di lain daerah dapat memberikan dan memperlengkap kontribusi gizi informasi bagi pirsawan. Wisdom, atau cerita bijak sejarah tentang sepak terjang Jaka Tingkir dalam budaya daerah hingga mewariskan keturunan seperti Presiden Indonesia ke empat Gus Dur bisa menjadi alternatif pembelajaran.

Ketika media baru bertumbuhan arusnya pun sama besar dengan mereka yang mendirikan media prematur sehingga gulung tikar. Layaknya dalil yang menyatakan survival of the fittest, media yang kuat akan menjadi seleksi alam tersendiri. Pada taraf idealnya, perpaduan antara sumberdaya manusia, dicakup fondasi ekonomi yang kuat, serta pengelolaan yang humanis serta professional bisa menjadi energi yang saling berkesinambungan dalam menjalankan sebuah institusi ekonomi-informasi-kontrol sosial seperti media. Sayangnya hal seperti ini yang mungkin luput sehingga banyak media yang berdiri dan runtuh karena orientasi profit semata tanpa membenahi fondasi vital lainnya.

Selain kanal-kanal konvensional tersebut kini pun hadir media bentuk baru yaitu televisi online, sebuah media yang bisa diakses siapapun ketika berselancar di dunia maya. Google sudah mengeluarkan pengembangan media bentuk baru ini dengan Google TV-nya yang dapat diakses secara streaming oleh netters di belahan dunia manapun. Hal ini juga diadaptasi oleh media lokal seperti Kompas, Tempo, atau Berita Satu dengan sumber daya fondasi yang sudah menguat serta mengakar di ranah media nasional. Media bentuk baru ini hadir sebagai konvergensi antara beragam varian media dalam mengapresiasi kebutuhan khalayak dan perkembangan budaya masyarakat yang lebih modern.

Begitu juga dengan kehadiran media seperti YouTube dan Vimeo. Mereka hadir seolah sebagai pelengkap bagi masyarakat urban, yang lebih praktis, dan membutuhkan akselerasi cepat untuk mendapatkan sumber informasi maupun hiburan. Kedua media ini menjadi hiburan bagi mereka penyuka tayangan-tanyangan hiburan alternative yang setiap detik hadir dalam kehidupan sehari-hari.

Ketik seseorang dihadapkan pada sebuah situasi seperti kondisi kerja dengan target perusahaan meningkat, kebutuhan ekonomi yang tidak pernah kompromi, juga beragam aktivitas regular yang terkadang mencapai titik didih jenuh. Rutinitas dan capaian yang sudah ditargetkan telah terlewati pun kadang memerlukan jeda untuk menghela energi kembali. Dengan cara download video dari YouTube dan Vimeo bisa menjadi pilihan yang tepat.

Banyak tips dan trik jitu mendapatkan tayangan yang kita inginkan dalam kedua media tersebut dengan cara download video. Diantarannya, pertama-tama, kita dapat membuka laman YouTube atau Vimeo tersebut dalam sebuah browser, aplikasi khusus tempat dimana kita bisa membuka jejaring luas dunia dalam perangkat keras elektronik semacam komputer, laptop, atau ipad yang lebih  praktis bisa dibawa instant kapan saja.

Cara download video, pertama, instalasikan perangkat lunak laman browser seperti Modzilla Firefox, Google Chrome, atau browser keluaran Apple legendaris warisan Steve jobs yaitu Apple Safari. Kapasitas browser biasanya kecil takkan lebih dari lima megabyte sehingga tidak akan sama sekali menganggu kinerja hard drive Anda yang berkapasitas besar. Apabila mengalami kesulitan mendapatkan perangkat lunaknya, Anda bisa mengakses Internet Explorer yang biasanya terdapat dalam standar aplikasi yang otomatis terinstal ketika pertama kali memasukan Operating Systems baik itu Win7, Windows Xp, atau Vista dalam komputer Anda untuk sementara.

Buka laman Internet Explorer tersebut, ketik laman yang kita tuju untuk sebagai kiat mengetahui cara download video secara efektif. Apabila mengalami kesulitan dalam mengunduh aplikasi browser tersebut Anda dapat mengakses rental internet di lingkungan terdekat. Nah, Anda sudah siap sedia di depan monitor komputer, bukan? Sekarang, Anda dapat mengetikkan laman dengan nama domain www.youtube.com pada bar navigasi browser Anda. Maka dalam hitungan sepersekian detik Anda sudah terhubung dalam ribuan tautan yang sudah diunggah para pemilik akun yang disediakan perusahaan YouTube dibawah korporasi Google sebagai bentuk apresiasi kebutuhan publik luas untuk memediasikan kreasi juga karya secara gratis.

Tapi tunggu dulu, ini belum selesai. Anda masih perlu mengunduh dan menginstalasikan software ajaib sebagai pemicu cara download video dalam laman tersebut biar lebih cepat hingga dua kali dari waktu regular. Ketik di mesin pencari Google nama aplikasi Internet Download Manager. Pada laman situs resminya aplikasi pembantu unduh cepat untuk efisiensi waktu ini memberikan free trial atau masa uji coba bagi mereka yang tertarik menggunakan jasa aplikasinya. Namun setelah lewat masa uji coba tersebut, biasanya sekira empat belas hari atau tiga puluh hari terhitung sejak terintegrasikan dalam Operating Systems komputer, Anda perlu meregistrasi ulang serial resminya yang berbayar. Tapi tak perlu khawatir masih banyak kiat untuk meyiasasti pencarian nomer serial asli, tinggal Anda rajin berselancar ke beragam blog gratis yang menyediakan nomer resminya.

Nah, apabila dua tahapan ini sudah selesai maka cara download video tinggal beberapa langkah lagi. Pertama, Anda tinggal mengetikkan video favorit anda di navigasi mesin pencari YouTube. Misal, Anda penyuka musik unplugged Nirvana, dengan seketika Youtube akan mengarahkan browser Anda pada kategori dan daftar tautan yang terhubung dengan katakunci ini. Biasanya dimulai dari tingkat viewer atau pirsawan yang terbesar, dari yang resmi dikeluarkan oleh laman YouTube resmi musisi tersebut sampai video bootleg atau bajakan sebagai persembahan dari para penggemarnya.

Sekarang coba Anda klik lalu mainkan video dengan rating terbesar dari Nirvana tersebut. Dengan seketika akan muncul pop-up perangkat lunak dari Internet Download yang telah diinstal tadi. Dengan begitu pilihan cara download video Anda sudah memasuki tahap final. Ketika muncul pop-up tersebut ada dihadapkan pada tiga pilihan : download later untuk menunda proses cara download video, start download untuk memulai cara download video, atau cancel unuk membatalkan cara download video tersebut.

Seseorang memproyeksikan aktifitasnya untuk meraih kembali dengan beragam cara. Yang menyenangi dunia musik bisa berlatih memainkan semisal gitar tipe Gibson SG kesayangannya tidak hanya di kamar saja, bisa di studio latihan bersama rekan dengan selera mutual, bahkan bisa unjuk gigi kemampuannya di tempat potensial kawula muda berkumpul seperti Kafe. Atau bagi yang gemar mengkoleksi video musisi idola tapi kocek tidak bersahabat Anda tinggal mengikuti cara download video diatas.

Audio visual memiliki keunggulan dalam menerapkan pesan lebih cepat. Dengan perpaduan tayangan gambar dan deskripsi narasi, pesan abstrak sekali yang disampaikan pun akan lebih tervisualkan secara lebih gamblang dan terang. Moga cara download video diatas tidak digunakan untuk mengunduh laman dewasa saja tapi untuk proses pembelajaran bahwa banyak tutorial dan ilmu yang bermanfaat disana. Selamat mengunduh dan belajar, kak!

Komentar