Emma Poeradiredja, Tokoh Sumpah Pemuda Penyaksi Tiga Zaman

Emma Poeradiredja diantara keluarga besarnya di Bandung. P erempuan adalah darah dan nyawa sebuah peradaban bukanlah hal yang berlebihan. Adalah Emma Poeradiredja sosok wanoja asal Tanah Pasundan yang turut menjadi pelaku dan saksi berdirinya republik Indonesia dalam tiga babakan zaman ; revolusi, rezim Sukarno, hingga Suharto. Lahir dan besar dalam keluarga priyayi tidak serta merta menjadikannya sosok manja dan menerima segala keistimewaan kelas menengah feodal di zamannya. Sebagai salah editor Balai Pustaka dan Redaktur Kepala untuk bahasa Sunda pada Pustaka Rakyat, sang ayah Raden Kardata Poeradiredja dengan istri  Nyi Raden Siti Djariah  membesarkan Emma beserta saudaranya dalam lingkungan yang memprioritaskan pendidikan. Tak heran saudara Emma seperti Haley Koesna Poerairedja menyabet Community Leader dari The Ramon Magsaysay Award tahun 1962. Adil Poeradiredja saudara lainnya menjadi politikus dan Perdana Menteri Negara Pasundan pro-republiken. Sedari remaja Emma sudah akt

Kreasikan Ide Melalui Blogging

 

 

Dahulu kala, pada pra-modern sebelum ditemukannya mesin cetak oleh Guttenberg, diurnarii, orang atau lazimnya yang sekarang disebut sebagai jurnalis menuliskan catatan hariannya di sebuah tempat pusat kota pemerintahan era Yunani atau Romawi. Tempat tersebut dinamakan Forum Romanum, isinya bermacam hal, mulai dari laporan sidang, atau catatan biasa kehidupan masyarakat. Cetakan awal dari salah satu penemuan manusia yang mengubah peradaban manusia itu dijewantahkan melalui kitab suci.

Di awal proses perkembangan dunia tulis-menulis sebelum era blog gratis ini, proses catat mencatat dilakukan sebagai salah satu bentuk pengabdian sipil untuk khalayak lebih luas. Laporan yang tersampaikan kepada masyarakat melalui medum tersebut dibahasakan melalui bahasa sehari-hari yang secara teknis belum seketat dan secanggih disiplin ilmu jurnalistik yang dipelajari di institusi-institusi formal seperti perguruan tinggi sekarang. Proses pencatatan juga pelaporan tersebut mengalir apa adanya seperti kita mengenal era bogging sekarang.

Berbicara lintas masa sejarah, blog seperti Forum Romanum tak beda ubahnya dengan era blog gratis seperti. Blog gratis adalah salah satu kanal tempat dimana publik bisa merepresentasikan pemikirannya dari sudutpandang personal menanggapi isu yang sedang mutahir ditengah masyarakat atau mungkin hanya sekedar persfektif personal dan berpusat pada dirinya namun menarik untuk dibagi berdasar sudut pandang subjektfitas.

Membuat blog adalah salah satu aktifitas positif dimana seseorang dapat berbagi pengetahuan dengan audience luas melalui karya pemikiran. Berbagi solusi dan energi untuk sesama. Biasanya apabila bahasa yang digunakan adalah bahasa popular maka raihan viewer audience-nya pun akan semakin besar, tetapi dengan beragam catatan seperti mutu dan kualitas karya tulisan memiliki daya gugah, inspiratif, dan bisa memberikan cakrawala pemikiran alternatif yang lebih luas.

Rubrikasi dalam blog gratis bisa beragam, itu semua tergantung dari minat dan ketertarikan si pembuat karya tersebut. Melalui blog gratis seseorang akan lebih fleksibel dalam menuangkan karyanya, tidak akan dituntut dengan deathline ketat seperti bekerja dalam sebuah awak redaksi media. Dengan kelebihan dan keleluasaan seperti ini justru dengan media baru yang gratis seperti blog gratis seseorang akan dengan sendirinya berusaha dituntut lebih kreatif dan tertantang untuk berkarya lebih apabila memang memiliki konsep dan tanggungjawab memberikan yang terbaik bagi pembaca setianya.

Ada beberapa kanal yang popular dan menyediakan hosting blog gratis. Diantara mereka adalah wordpress yang sangat pas juga cocok bagi penggila dunia tulis menulis akan tetapi tidak disarankan bagi mereka yang akan melakukan transaksi jual-beli karena ada prasyarat dan kondisi tertentu apabila jasa blog gratis yang disedakan diorientasikan untuk kegiatan komersil. Ini sangat pas bagi si penyair yang gemar berpuisi atau blog gratis yang tepat untuk si dia menuliskan diari hariannya.

Lalu ada multiply yang mengabungkan antara ruang kebutuhan menulis dan roda ekonomi, blog gratis ini disarankan bagi mereka yang selain gemar menuangkan gagasan dan karya personalnya dalam bentuk tulisan juga memiliki ketertarikan pada dunia jual-beli. Blog gratis yang pas untuk memulai enterprenuership industri rumahan Anda. Sekali Anda memposting sesuatu barang dan jasa di laman blog gratis ini, maka dengan singkat produk yang Anda coba tawarkan akan tersiar seluas-luasnya ke seluruh dunia, tidak hanya batas geografis domestik saja. Tidak hanya itu, produk yang Anda tawarkan ketika diberi hash tag atau katakunci akan terotomatisasi dijejaringkan dengan produk serupa yang sedang mutahir dipromosikan dan diperjualbelikan di sesama Jejaring akun Multiply.  Sangat bermanfaat bukan.

Blog gratis yang sangat awal sekali adalah tentunya hosting blog gratis yang disediakan kanal blogspot berbasis com, commercial, medium ini pada awalnya diperuntukan sebagai bentuk apresiasi akan kebutuhan para netters untuk berkreasi secara mandiri dimana sebelum kehadiran Blogspot dengan forma blog gratis tersebut biaya yang diperlukan untuk menyewa hosting, tempat dimana data secara digital disimpan di dalam sebuah server internet, sangatlah mahal. Begitu pula dengan domain name atau nama unik sebagai pengenal identitas dan laman situs Anda tidaklah murah.

Proses layanan blog gratis yang disediakan oleh ketiga penyelia hosting dan domain tersebut hanya beberapa contoh saja, mengingat dalam perkembangan terkini blog gratis ini diadopsi oleh beragam portal sosial media popular yang umum digunakan individu juga institusi dalam menjalin jejaring sosial untuk benefit danprofitnya masing-masing. Mari kita tengok laman sosial media music semacam ReverbNation, MySpace, atau Last.Fm. Ketiga laman sosial yang sedang digandrungi kawula muda tersebut mengadopsi konsep blog gratis yang terlah disediakan pendahulunya.

Persaingan antar penyelia blog gratis tersebut cukup kompetitif, namun uniknya masing-masing mempunyai segmentasi dan pasar pengguna tersendiri. Begitupun dengan tujuan blog gratis yang disediakan tipe-tipe laman media sosial tersebut, dengan kehadiran seperti MySpace sangatlah jelas orientasi pesan dalam blog gratis si pemilik akunnya akan dibaca oleh lingkungan khusus dengan afiliasi ketertarikan yang sepadan dalam perkembangan dunia seni musik.

Tidak hanya itu, kehadiran sosial media seperti Facebook juga Google Plus memiliki daya tarik sendiri. Dua raksasa sosial media popular ini mampu memberikan nuansa baru dalam perkembangan blog gratis era sekarang. Mereka hadir lebih popular dan secara fungsional sangat mudah untuk diadaptasi penggunaannya oleh para pemilik akunnya. Berbeda dengan kehadiran blog gratis konvensional sebelumnya yang terkesan lebih formil secara teknis karena untuk memutahirkan tampilan dan lainnya harus mengetahui dasar seperti html ketika akan mengubah tampilan grafis blog gratis tersebut.

Begitu juga dengan kehadiran blog gratis berskala mikro dengan pionirnya seperti Twitter si pengicau. Meskipun hadir dengan membatasi pesan si pemilik akun yang tidak boleh melebihi 140 karakter huruf mereka kini justru  menjadi salah satu raja blog gratis sosial media. Fungsi yang bisa dilakukan dalam Twitter sama halnya ketika Anda akan memposting beragam tautan, gambar, video, atau lainnya. Cukup klik dan arahkan sumber informasi yang akan Anda sebarkan dan cuap-cuap pun akan siap sedia dikicau balik apabila menarik. Dan hal ini akan menimbulkan efek domino. Semakin menarik pesan Anda, semakin besar kicauan balik, retweet, tersebut maka akan semakin besar para pengikut (follower) yang meminta pertemanan dengan Anda.

Beragam varian blog gratis yang hadir diatas merupakan salah satu bentuk kemajuan media kontemporer. Beberapa sifat dari blog gratis yang bisa diakses publik ini diantaranya, mereka hadir tanpa harus mengeluarkan uang registrasi keanggotaan tertentu, sifatnya lisensi bersama dalam artian informasi yang akan ditempatkan dalam blog gratis tersebut dapat digunakan siapapun untuk beragam kepentingan non komersil asalkan menyebutkan narasumber inti. Selain itu, blog gratis ini bersifat dialogis dan dinamis, pesan yang telah disebarkan oleh si pemilik akun dalam blog gratis tersebut dapat dikomentari oleh anggota pertemanan yang berada dalam jejaring akunnya.

Berbagi cerita dan karya dalam blog gratis mempunyai benefit dimasa depan yang panjang apabila Anda bijak dan tepat dalam memanfaatkannya. Jadi, tunggu apalagi, segeralah mulai mencatat dan berbagi karya Anda disana, sekecil apapun, dan Anda telah menuliskan sejarah dan menempatkan diri didalamnya. Blog gratis, cerita untuk cucu-cicit Anda kelak.

Komentar