Emma Poeradiredja, Tokoh Sumpah Pemuda Penyaksi Tiga Zaman

Emma Poeradiredja diantara keluarga besarnya di Bandung. P erempuan adalah darah dan nyawa sebuah peradaban bukanlah hal yang berlebihan. Adalah Emma Poeradiredja sosok wanoja asal Tanah Pasundan yang turut menjadi pelaku dan saksi berdirinya republik Indonesia dalam tiga babakan zaman ; revolusi, rezim Sukarno, hingga Suharto. Lahir dan besar dalam keluarga priyayi tidak serta merta menjadikannya sosok manja dan menerima segala keistimewaan kelas menengah feodal di zamannya. Sebagai salah editor Balai Pustaka dan Redaktur Kepala untuk bahasa Sunda pada Pustaka Rakyat, sang ayah Raden Kardata Poeradiredja dengan istri  Nyi Raden Siti Djariah  membesarkan Emma beserta saudaranya dalam lingkungan yang memprioritaskan pendidikan. Tak heran saudara Emma seperti Haley Koesna Poerairedja menyabet Community Leader dari The Ramon Magsaysay Award tahun 1962. Adil Poeradiredja saudara lainnya menjadi politikus dan Perdana Menteri Negara Pasundan pro-republiken. Sedari remaja Emma sudah akt

Kabar dari Musisi Mancanegara

Musik adalah bahasa universal dan salah satu medium manusia untuk mengekspresikan beragam hal. Beragam konteks sebagai pesan terdapat didalamnya, mulai dari kisah kontemplatif seperti karya post-metal Kekal, amarah terhadap realita sosial seperti Napalm Death, bersifat politik seperti Zach De La Rocha dengan Rage Against The Machine dan One Day As A Lion-nya, atau melankolis namun sosialis seperti Manic Street Preacher, atau penuh cinta dan menggugat seperti single legendaris John Lennon.

Tapi mari kita tengok 9 band metal dari belahan mancanegara berikut ini :

Baptized In Blood mengeluarkan artwork untuk album self-titled

Dirancang oleh salah satu kampium metal internasional seperti Dave Mustaine adalah kebanggaan tersendiri, salah satu band yang mendapat perhatian frontman Megadeth tersebut adalah aksi band metal dari Kanada, Baptized In Blood. Sang manajer yang dikenal bertangan dingin ini menyatakan karya seni atau artwork yang ditujukan untuk debut perdana yang rencananya di rilis label rekaman raksasa Roadrunner Records tersebut telah rampung. “Dan album tersebut akan dirilis 19 Oktober 2010 mendatang melalui Roadrunner Records.”

Insision resmi berpisah dengan Dental Records

Dari benua Eropa, ada Insision yang menyatakan resmi berpisah dengan perusahaan rekaman Dental Records. Berasal dari Swedia yang dikenal dengan komunitas musik metal harmonis namun tidak mengurangi distorsi sedikitpun, band ini menyatakan, “Insision telah mengerjakan materi baru dan sejauh ini rasanya salah satu karya terbaik yang pernah kami tulis. Riff gitar yang kompleks dengan vocal guttural nada rendah akan dipersembahkan.”

Road to Evenmind melengkapi karya dengan album terbaru Diagnosis:Unsolved

Kabar datang dari negeri eksodus dan penuh kontroversi seperti Israel, Road to Evenmind. Akhir-akhir ini band tersebut telah merampungkan album teranyarnya “Diagnosis:Unsolved” yang dikemas akhir oleh salah satu produser handal Michael Wagener. Berbarengan dengan dikeluarkannya video klip terbaru “Life’s bottom line” yang juga berisi cuplikan ketika sesi rekaman dan mixing.

Kylessa meluncurkan video dokumenter online

Dari negara bagian Georgia, band beraliran sludge metal progressive Kylesa mengumumkan video secara online yang berisi dokumenter sesi prosses rekaman “Spiral Shadow”. Mengikuti tahun sebelumnya di 2009, “Static Tensions” yang akan menjadi rilisan kelima bagi band tersebut dan juga menjadi debut penuh album perdananya sebagai artis baru dari label Season Of Mist Records. Album itu sendiri direkam di the Jam Room, Columbia, Carolina Selatan dengan anggota band dan produser kenamaan Phillip Cope. "Spiral Shadow" sendiri direncanakan dirilis 26 October 2010.

Dreadnaught dan Se Bon Ki ra melakukan tur Australia

Dari negeri kanguru dan tanah aborigin Australia, band metal kelas berat Dreadnaught dan Se Bon Ki Ra mengumumkan seri rangkaian penampilan langsungnya dari Victoria, New South Wales, Australia Selatan, dan Tasmania antara bulan Oktober dan Desember 2010 mendatang. Rangkaian tur itu sendiri akan dimulai dari festival Yarr-Fest di Sidney 29 Oktober 2010 beriringan dengan peluncuran mini album atau dikenal album versi extended play dari band Lord (ikut serta juga Perth’s Voyager) dan festival tahunan Sonic Forge Festival pada 4 Desember 2010 berlokasi di hotel The Esplanade, Melbourne.

Calm Hatchery mengumumkan album terbaru Sacrilege Of Humanity

Dari kawasan Polandia, quintet death metal bernama Calm Hatchery yang menampilkan anggota lawas juga terkini dari Dead Infection dan Tehace. Mereka menyatakan telah menyelesaikan sentuhan terakhir dari album kedua band tersebut yang diberi judul Sacrilege of Humanity. Kelompok ini juga telah menandatangani kontrak rekaman dengan perusahaan rekaman Selfmadegod, rencananya album tersebut akan mulai menghantam pasaran 15 November 2010 mendatang.

Album tersebut direkam di Hertz Studio, Bialystok dan disupervisi oleh Wieslawscy Bros (Behemoth, Vader, Hate). Karya seni cover mereka dipercayakan kepada Mentalporn (Deathstar, Behemoth).

Sang gitaris, Huzar, mengomentari albumnya, ”Kami menaruh seluruh gairah dan ketekunan dari hati kami untuk musik ini. Kelompok kami mengalami masa pancaroba selama tahun kebelakang, tapi keteguhan akan apa yang kita lakukan dan kebutuhan untuk berkarya adalah alasan untuk membuat karya kami semakin matang dan dewasa. Satu hal pasti yang harus digarisbawahi : musik yang kami tawarkan kesempatan ini penuh dengan emosi dan biarlah itu menjadi catatan untuk album selanjutnya. Sangat sukar untuk menjadi original zaman sekarang dan kami tidak berpura-pura – kami tidak takut mengakui itu dan menerima segala perbedaaan. Saya ingin meyakinkan Anda untuk mendengarkan lagu-lagu terbaru kami.”

Dua lagu cuplikan dari album terbaru mereka dapat didengar di laman personal jejaring sosial musik myspace secara streaming.

Awake mengumumkan promo video perayaan sepuluh tahun penampilan mereka

Awake telah memposting sebuah video promo untuk perayaan sepuluh tahun ulang tahun mendatang, yang bisa segera dilihat. Kelompok tersebut berkomentar dalam klipnya, ”Hei kalian semua. Chris dan Alex telah meluangkan waktu untuk mempersembahkan kepada Anda semua sisi dalam dari perayaan sepuluh tahun di penampilan mendatang, 13 ovember 2010, Cambridge. Tengoklah dan jika hal tersebut memacu seleramu, tiket masih tersedia di toko kami untuk 4 Euro. Banyak kejutan di toko dan dukungan dari tamu spesial dari kota London, The mariana Hollow. Tetap jeli untuk info selanjutnya!”

Negura Bunget berkomentar mengenai ketidakhadiran mereka di festival The Steel Meets Steel

Kelompok band black metal asal Romania, Negura Bunget, mengabarkan pernyataan berikut mengenai jadwal ketidakhadiran mereka di festival Steel Meets Steel. “Negura Bunget menyatakan permintaan maaf yang tulus untuk ketidakhadiran Stell Meets Steel festival edisi tahun ini. Ada beberapa kendala mengenai transportasi dalam perjalanan kami menuju festival sehingga tidak memungkinkan hadir tepat waktu. Kami sangat menyesal untuk mereka berniat yang datang melihat kami.”

“Dalam kesempatan yang sama kami sangat berbahagia untuk mengumunkan bahwa kami akan bermain tahun depan di festival ini. Tanggal yang tepat festival tersebut belum dijadwalkan, namun, kami memastikan akan bermain disana tahun 2011. Kita harap bertemu Anda semua disana.

 

Komentar